Kamis, 09 Juni 2011

Menggunakan Gmail Sebagai Pengirim Email Pada Joomla

Menggunakan Gmail Sebagai Pengirim Email Pada Joomla web desain grafisHalo, tahun baru telah terlewat beberapa hari ya? jangan sampai kejadian buruk di tahun kemarin terulang kembali di tahun ini, usahakan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Amin. saya akan coba membawa tutorial CMS kali ini Oke, kehebatan dari manusia adalah kemauannya untuk melakukan try and error pada bidang apapun, hingga try and error ini juga berlaku di dunia nyata, tapi jangan sampai try and error ini melebihi kapasitas kita sebagai seorang manusia biasa.
Masih berhubungan dengan try and error, beberapa periode yang lalu, penulis mencicipi salah satu shared hosting yang terkenal di Indonesia,
Baca selengkapnya »

penulis tidak akan mencantumkan nama perusahaannya, karena tidak ada taken contract di dalamnya, haha… sedikit bercanda untuk melepas kepenatan yang telah memuncak. Oke pada intinya shared hosting ini benar-benar sangat memuaskan, namun satu kekurangannya, fasilitas sendmailnya tidak disediakan secara default, “mati sudah”, dalam benak penulis. Mengirim email menggunakan php itu benar-benar sangat penting, dan untuk mengirim email menggunakan php membutuhkan fasilitas sendmail, tapi anehnya hosting ini tidak menyediakan fasilitas tersebut. Hingga akhirnya penulis mengingat sesuatu yang pernah penulis lakukan pada kasus-kasus sebelumnya, Gmail memiliki SMTP server yang bisa anda manfaatkan kegunaannya sesuka hati. Artinya anda dapat menggunakan email gmail anda untuk mengirim email melalui hosting anda, anda tertarik? silahkan baca terus artikel ini. :) Dan secara otomatis masalah pengiriman email usai sudah.
PHPMailer memungkinkan anda menggunakan gmail anda untuk mengirim email melalui webhosting anda. Dan begitu juga dengan joomla pun memiliki fasilitas di bagian global configuration | system untuk dapat memanfaatkan gmail sebagai pengirim email default joomla.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
Masuk sebagai admin, kemudian ke bagian Global Configuration | Server
Mailer anda isi dengan SMTP Server
Mail From di isi dengan alamat email yang anda inginkan, email ini ditampilkan di bagian from email milik client
From Name di isi dengan Nama Pengirim yang anda inginkan
kemudian SMTP Authentication pilih yes
SMTP Security anda pilih yes
SMTP Port nya di isi dengan 465 -> ini adalah port default layanan smtp server gmail
SMTP Username nya di isi dengan alamat email gmail anda
SMTP Passwordnya di isi dengan password gmail anda
terakhir SMTP Host di isi dengan smtp.gmail.com
Menggunakan Gmail Sebagai Pengirim Email Pada Joomla web desain grafis
Save, dan secara otomatis gmail anda akan menjadi default email dari joomla anda. Dan anda bisa melihat fasilitas sent item di gmail anda untuk membuktikannya.
Selamat Mencoba. Semoga Berguna...
Sumber : Ilmuwebsite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar